bigib

bigib
cek

Kamis, 15 September 2016

Memperingati Hari Ozon Sedunia

Sedikit sejarah tentang memperingati hari ozon sedunia.

Memperingati hari ozon sedunia di prakarsai oleh PPB yang mana PBB membentuk hari ozon sedunia secara umum yaitu pada tanggal 16 September tahun 1987, pada tahun sebelumnya sudah terjadi penentuan hari ozon sedunia pada tahun 1985 yang dikenal sebagai persetujuan " Konvensi Vienna untuk perlindungan lapisan ozon", dan ditandatangani oleh 188 negara. Penandatangannan itu disebut Protokol Montreal.

Mengapa perlu adanya peringatan hari ozon sedunia?

Maksud dari peringatan tersebut supaya untuk mengingatkan masyarakat dunia internasional peduli terhadap perisai bumi tersebut.

Kerusakan lapisan ozon yng terdekteksi pertama kali pada pertengahan tahun 1974, ketika para ahli dan peneliti inggris yaitu BAS "British Antartic Survey" mengumumkan bahwa lapisan ozon di atas Hally Bay, Antartika, menunjukan adanya penipisan mencapai 30 s.d. 40 persen yang diakibatkan oleh reaksi kimia klorin dan nitrogen dan ini terjadi dalam satu dekade atau 10 tahun.

Salah satu zat utama yang dapat merusak atau bertanggung jawab dalam perusakan ozon yaitu unsur Klorin (Cl) yang dikenal sebagai zat CFC ( Chlorofluorocarbon) yaitu cairan pendingin. Unsur in secara luas digunakan pada Kulkas, AC dan mesin pendingin lainnya, kaleng semprot untuk pengharum ruangan, penyemprot rambut atau parfum, bahan pelarut, busa pengembang. CFC tidak terbentuk alami dan hanya ada dalam jumlah kecil di atmosfer (kurang dari 0,0000001%), namum mereka memiliki sekitar 10.000 kali dari 'efek rumah kaca' dibandingkan dengan karbon dioksida (Co2)

Disamping CFC, zat-zat perusak ozon (Ozon Depleting Substance/ODS) utama yang bertanggung jawab terhadap perusakan ozon antara lin nitrogen oksida (N2O) yang merupakan hasil sampingan dari proses pembakaran, misalnya : emisi pesawat terbang dan halon (digunakan dalam cairan pemadam kebakaran), methyl bromide, carbon tetrachloride, dan methyl chloroform.

Jika terlalu lama proses-proses diatas terjadi maka lapisan ozon di stratosfer akan menyebabkan semakin banyak sinar Ultra Violet (UV) mencapi bumi dan hal ini akan sangat berbahaya bagi kehidupan di dunia dan akan menimbulkan penyakit kanker kulit, katarak pada mata rusaknya sistem imun di tubuh kita dan sel-sel yang hidup di tubuh kita. Kehidupan laut, ekosistem, dan hutan pun akan terganggu bila Volume Sinar Ultra Violet Ungu melebihi batas normal. Selain itu berkurangnya lapisan ozon menyebebkan musim dingin menjadi bertambah dingin di Kutub Utara.

Maka untuk itu sebagai warga Bumi, kita mesti peduli membantu dalam melindungi lapisan ozon.

Adapun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan ozon adalah sebagai berikut:

  1. Membeli produk yang berlabel OZONE FRIENDLY atau free CFC
  2. Membuang Kulkas atau peralatan lain yang mengandung Chlorofluorocarbon dan mulai       menggunakan peralatan yang ramah ozon.
  3. Bagi petani jangan menggunakan bahan metil bromida
  4. Bagi teknisi pada waktu memperbaiki jangan menggunakan bahan aerosol
  5. Bagi karyawan mengidentifikasi AC, Dispenser, Kulkas, dan tabung Pemadam Kebakaran serta produk-produk lainnya
  6. Bagi Guru dan Dosen informasikan hal ini kepada penerus bangsa kita dan memberitahukan manfaat dari melindungi lapisan ozon.

Semoga dengan adanya hari ozon internasional ini dapat merubah prilaku kita di Dunia.

Inilah kegiatan yang dilakukan oleh sekolah kami untuk memperingati hari ozon sedunia 



0 komentar:

Posting Komentar